Warning: include(/home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/vendor/composer/../../src/integrations/xmlrpc.php): Failed to open stream: No such file or directory in /home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/better-wp-security/vendor-prod/composer/ClassLoader.php on line 576

Warning: include(/home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/vendor/composer/../../src/integrations/xmlrpc.php): Failed to open stream: No such file or directory in /home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/better-wp-security/vendor-prod/composer/ClassLoader.php on line 576

Warning: include(): Failed opening '/home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/vendor/composer/../../src/integrations/xmlrpc.php' for inclusion (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php81/root/usr/share/pear') in /home/belajar2/public_html/wp-content/plugins/better-wp-security/vendor-prod/composer/ClassLoader.php on line 576
Sistem Alamat Jepang: Panduan Lengkap Untuk Memahami Alamat di Jepang dengan Mudah - Belajar Bahasa Jepang
Lompat ke konten

Sistem Alamat Jepang: Panduan Lengkap Untuk Memahami Alamat di Jepang dengan Mudah

Jepang adalah negara yang terkenal dengan budaya, teknologi, dan inovasinya namun juga dikenal dengan sistem alamatnya yang unik dan rumit. Bagi orang asing seperti kita warga Indonesia yang belum terbiasa, sistem alamat Jepang bisa terasa sangat membingungkan. Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana memahami sistem alamat di Jepang.

Berikut adalah contoh alamat di Jepang, pelajari lebih dahulu strukturnya yang berbeda dengan sistem alamat di Indonesia.

330-0074 埼玉県 埼玉市  浦和区  北浦和 5-6-36

  1. 330-0074 (Kode Pos)
  2. 埼玉県 saitama-ken (Nama Prefektur)
  3. 埼玉氏 saitama-shi (Nama Kota)
  4. 浦和区 urawa-ku (Nama Distrik)
  5. 北浦和 kita-urawa (Nama Area)
  6. 5-6-36 (Nomor Bangunan) : Nomor 5, Blok 6, Unit 36

Setelah memperhatikan urutan alamat yang ada diatas, mari kita pelajari satu-persatu

Memahami Bagaimana Sistem Alamat di Jepang

Sistem alamat di Jepang didasarkan pada urutan hierarki geografis, dimulai dari tingkat yang terbesar hingga yang terkecil. Ini sangat bertolak belakang dengan sistem alamat di Indoesia yang dimulai dari tingkat terkecil seperti Nama Jalan dimana kita tinggal. Secara umum, alamat Jepang terdiri dari 5 elemen utama: kode pos, nama prefektur, nama kota, nama distrik, dan nomor bangunan. Namun, ada beberapa variasi dalam format alamat tergantung pada wilayahnya.

sistem alamat di jepang - cara mudah membaca dan mencari alamat di jepang

1. Kode Pos

Kode pos atau 郵便番号 (yuubin bangou) di Jepang memainkan peran penting dalam sistem alamat yang akurat dan efisien. Setiap daerah di Jepang memiliki kode pos unik yang terdiri dari serangkaian angka yang menunjukkan lokasi spesifik. Kode pos digunakan untuk mempermudah proses pengiriman surat dan paket di seluruh negeri. Setiap prefektur memiliki rentang kode pos tertentu, dan angka-angka yang mengikuti prefektur akan semakin mempersempit lokasi tujuan. Dengan menggunakan kode pos, pengiriman surat dan paket dapat dilakukan dengan tepat dan cepat, memastikan bahwa barang sampai ke alamat yang dituju tanpa kesulitan.

Sistem kode pos di Jepang dirancang dengan sangat detail dan akurat. Rentang kode pos yang ditetapkan untuk setiap area memungkinkan pembedaan yang jelas antara lokasi yang berdekatan. Kode pos juga memberikan petunjuk penting dalam penentuan alamat yang lengkap dan tepat di Jepang. Saat mengirim surat atau paket, pengetahuan tentang kode pos sangat penting untuk memastikan bahwa alamat yang ditulis lengkap dan benar. Penggunaan kode pos dalam sistem alamat Jepang sangat membantu dalam mempermudah identifikasi dan pengiriman barang, serta meminimalkan risiko kesalahan dan kehilangan yang mungkin terjadi dalam proses pengiriman.

Berikut contoh kode pos di 3 kota besar di Jepang:

  1. Tokyo:
    • Chiyoda-ku: 100-0001 sampai 102-0094
    • Shinjuku-ku: 160-0000 sampai 162-8834
    • Shibuya-ku: 150-0000 sampai 153-0064
  2. Osaka:
    • Chuo-ku: 541-0056 sampai 541-8588
    • Kita-ku: 530-0001 sampai 531-0073
    • Naniwa-ku: 556-0000 sampai 556-0031
  3. Yokohama:
    • Nishi-ku: 220-0000 sampai 224-0046
    • Kanagawa-ku: 221-0000 sampai 221-0852
    • Hodogaya-ku: 240-0000 sampai 244-0812

2. Nama Prefektur di Jepang

Prefektur di Jepang memainkan peran penting dalam sistem alamat negara tersebut. Dengan jumlah total 47 prefektur, masing-masing mewakili divisi administratif yang berbeda. Prefektur sering disebutkan dalam alamat Jepang untuk memberikan informasi lokasi yang lebih spesifik. Setiap prefektur memiliki karakteristik unik, warisan budaya, dan daya tarik sendiri, menjadikannya tidak hanya penting dalam sistem alamat, tetapi juga untuk menjelajahi dan merasakan keberagaman wilayah di Jepang.

都道府県 (todoufuken) merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang mengacu pada unit administratif tingkat pertama di Jepang. Terdiri dari empat karakter kanji, 都 (to), 道 (dou), 府 (fu), dan 県 (ken) masing-masing mewakili kategori prefektur yang berbeda. 都 (to) merujuk pada prefektur metropolitan seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto. 道 (dō) merujuk pada prefektur utama di wilayah Hokkaido. Sedangkan 府 (fu) merujuk pada prefektur yang merupakan pusat administratif dan ekonomi, seperti Osaka dan Kyoto.

Sistem alamat di Jepang menggunakan struktur hierarkis, di mana nama prefektur muncul pada tingkat teratas alamat. Ini diikuti oleh nama kota, kemudian diperinci hingga tingkat distrik, kawasan, atau lingkungan. Penyertaan nama prefektur dalam alamat memastikan kejelasan dan ketepatan dalam menemukan alamat di Jepang. Selain itu, nama prefektur juga penting untuk layanan pos, karena membantu pengiriman surat yang efisien ke seluruh negeri. Memahami pembagian prefektur dalam sistem alamat Jepang sangat penting bagi penduduk lokal maupun turis, karena memungkinkan navigasi dan komunikasi yang lebih mudah dalam menemukan lokasi tertentu dan memastikan korespondensi yang efektif di berbagai wilayah Jepang.

Dibagian akhir artikel ini kami membuat list nama-nama prefektur di Jepang dan cara bacanya.

2. Nama Kota & Distrik di Alamat Jepang

Pertama, mari kita bahas tentang nama kota. Di Jepang, nama kota biasanya terdiri dari dua karakter kanji. Misalnya, Tokyo ditulis sebagai 東京. Namun, untuk kota besar seperti Tokyo, Osaka, atau Kyoto, mereka memiliki distrik yang disebut sebagai “ku”. Distrik-distrik ini sering kali memiliki nama yang lebih panjang dan rumit. Sebagai contoh, distrik Shinjuku di Tokyo ditulis sebagai 新宿区 (shinjuku-ku).

Distrik dalam sistem alamat Jepang berfungsi sebagai subdivisi di dalam sebuah kota yang memberikan kejelasan lokasi yang lebih spesifik. Dengan pembagian administratif yang lebih kecil akan membantu mempersempit lokasi yang tepat dari suatu alamat. Nama distrik sering mencerminkan sejarah, geografis, atau budaya dari wilayah tersebut. Di dalam sebuah distrik, dapat terdapat beberapa lingkungan atau unit yang lebih kecil. Penyertakan nama distrik dalam alamat menambah tingkat keakuratan dan membantu dalam menemukan tujuan yang spesifik untuk pengiriman surat dan tujuan lainnya.

3. Nomor Bangunan

Setelah nama kota atau distrik, nomor bangunan adalah bagian penting dari alamat Jepang. Nomor bangunan biasanya ditulis setelah nama jalan atau nama distrik. Nomor bangunan dapat berupa kombinasi angka dan huruf. Misalnya, 3-5-2 Shibuya akan mengacu pada bangunan nomor 3, blok 5, unit 2 di daerah Shibuya.

番地 (banchi) adalah istilah dalam bahasa Jepang yang merujuk pada nomor rumah atau nomor unit dalam suatu kompleks perumahan atau gedung. Istilah ‘banchi’ juga dapat mengacu pada blok atau area tertentu di dalam suatu lingkungan yang memiliki sejumlah nomor rumah. Dalam konteks alamat Jepang, ‘banchi’ biasanya disebut setelah nama jalan atau jalan kecil.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sistem alamat Jepang tidak berdasarkan urutan geografis seperti di beberapa negara lain. Di Jepang, alamat diatur berdasarkan tahun konstruksi bangunan. Oleh karena itu, urutan nomor bangunan mungkin tidak selalu berurutan secara geografis. Hal ini bisa membingungkan bagi orang asing yang mencari alamat di Jepang.

Selain itu, sistem alamat Jepang juga menggunakan sistem bu-rui, yang merujuk pada nomor bangunan dalam satu blok. Jika ada beberapa bangunan di satu blok dengan nomor yang sama, huruf A, B, C, dan seterusnya akan ditambahkan untuk membedakan bangunan tersebut. Misalnya, jika ada dua bangunan dengan nomor 1 di satu blok, mereka akan ditandai sebagai 1A dan 1B.

Sistem alamat Jepang juga sering menggunakan nama jalan atau nama gedung penting sebagai referensi alamat. Ini bisa membuat pencarian alamat menjadi lebih mudah. Jepang juga memiliki kode pos yang terdiri dari tujuh digit, yang membantu dalam penentuan lokasi yang lebih tepat.

Meskipun sistem alamat Jepang terlihat rumit, pemerintah Jepang berusaha untuk membuatnya lebih ramah bagi turis dengan menggunakan papan penunjuk jalan, kode QR, dan teknologi navigasi terkini. Ini membantu wisatawan asing dan penduduk lokal untuk menavigasi jalan dengan lebih mudah.

Dalam menghadapi sistem alamat Jepang yang unik, penting untuk menggunakan peta, aplikasi navigasi, atau bertanya kepada penduduk lokal jika Anda kesulitan mencari alamat. Banyak orang Jepang yang bersedia membantu orang asing dalam menemukan tujuan mereka.

Sistem alamat di Jepang dapat terasa rumit bagi orang asing. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang struktur alamat dan penggunaan teknologi navigasi saat ini, Anda dapat mengatasi tantangan tersebut. Jangan takut untuk menjelajahi Jepang dan menikmati keindahan dan keunikan yang ditawarkannya!

Nama-Nama Prefektur di Jepang

Nama Prefektur dalam KanjiCara BacaNama Ofisial
北海道HokkaidōHokkaido
青森県Aomori-kenAomori
岩手県Iwate-kenIwate
宮城県Miyagi-kenMiyagi
秋田県Akita-kenAkita
山形県Yamagata-kenYamagata
福島県Fukushima-kenFukushima
茨城県Ibaraki-kenIbaraki
栃木県Tochigi-kenTochigi
群馬県Gunma-kenGunma
埼玉県Saitama-kenSaitama
千葉県Chiba-kenChiba
東京都Tōkyō-toTokyo
神奈川県Kanagawa-kenKanagawa
新潟県Niigata-kenNiigata
富山県Toyama-kenToyama
石川県Ishikawa-kenIshikawa
福井県Fukui-kenFukui
山梨県Yamanashi-kenYamanashi
長野県Nagano-kenNagano
岐阜県Gifu-kenGifu
静岡県Shizuoka-kenShizuoka
愛知県Aichi-kenAichi
三重県Mie-kenMie
滋賀県Shiga-kenShiga
京都府Kyōto-fuKyoto
大阪府Ōsaka-fuOsaka
兵庫県Hyōgo-kenHyogo
奈良県Nara-kenNara
和歌山県Wakayama-kenWakayama
鳥取県Tottori-kenTottori
島根県Shimane-kenShimane
岡山県Okayama-kenOkayama
広島県Hiroshima-kenHiroshima
山口県Yamaguchi-kenYamaguchi
徳島県Tokushima-kenTokushima
香川県Kagawa-kenKagawa
愛媛県Ehime-kenEhime
高知県Kōchi-kenKochi
福岡県Fukuoka-kenFukuoka
佐賀県Saga-kenSaga
長崎県Nagasaki-kenNagasaki
熊本県Kumamoto-kenKumamoto
大分県Oita-kenOita
宮崎県Miyazaki-kenMiyazaki
鹿児島県Kagoshima-kenKagoshima
沖縄県Okinawa-kenOkinawa