Lompat ke konten

Bentuk Kata Kerja Formal dalam Bahasa Jepang

Bentuk Kata Kerja Formal dalam Bahasa Jepang

Tidak seperti bahasa Inggris, semua kata kerja di Jepang memiliki bentuk formal (sopan) dan bentuk biasa. Bentuk formal digunakan dalam perkenalan, percakapan dengan orang dari kelompok usia yang berbeda, berbicara dengan orang asing di tempat umum, pada siaran TV dan radio, dan dalam tulisan resmi. Bentuk kasual hanya digunakan di antara anggota keluarga, anak-anak, teman dekat dari usia yang sama, dan di artikel surat kabar dan majalah. Kita akan mempelajari kata kerja Jepang menggunakan bentuk sopan dalam website belajar bahasa Jepang ini.

Kata kerja (doushi)

Kata kerja atau doushi 動詞 dalam bahasa Jepang hanya memiliki dua bentuk yaitu masa lalu (lampau) dan bukan masa lalu (non-lampau). Non-lampau menunjukkan tindakan pada masa kini (sekarang) dan masa depan.

contoh:

学校 に 行きますか。

Apakah kamu masih sekolah? / Apakah kamu pergi ke sekolah?

いいえ、行きません。

Tidak.

Dalam contoh di atas, いきます dapat menunjukkan kebiasaan pergi ke sekolah atau tindakan akan pergi ke sekolah di masa depan. Arti yang lebih tepat tergantung dari konteks kalimat.

Kelas Kata Kerja

Ada tiga kelas dalam kata kerja Jepang: kata kerja-う, kata kerja-る, dan kata kerja tidak teratur. Bahasa Jepang hanya memiliki dua kata kerja tidak teratur yaitu きます dan します. します dapat dikombinasikan dengan kata benda tertentu untuk menghasilkan kata kerja campuran yang tidak teratur). Kelas kata ini akan menjadi lebih berguna saat Anda belajar berbagai bentuk infleksi (perubahan nada suara).

Bentuk Kata Kerja Formal dalam Bahasa Jepang

Perhatikan bahwa べんきょうします dianggap kata kerja tidak teratur. Hal ini karena 勉強します merupakan kata kerja majemuk yang terdiri dari kata べんきょう dan します. Kita akan belajar kata kerja majemuk (nomina + します) lebih dalam artikel lainnya.